Cara memulai bisnis online di Shopee bagi pemula
Elshinta
Jumat, 17 Juni 2022 - 16:32 WIB | Penulis : | Editor : Administrator
Cara memulai bisnis online di Shopee bagi pemula
Memasarkan produk atau jasa secara online bisa dilakukan tidak hanya lewat sosial media tapi juga marketplace.

Elshinta.com - Memasarkan produk atau jasa secara online bisa dilakukan tidak hanya lewat sosial media tapi juga marketplace. Cara memulai bisnis online adalah dengan memilih marketplace yang tepat, salah satunya yaitu Shopee. Shopee berikan cara termudah untuk berjualan secara online dan membantu produk Anda semakin dikenal, karena memang platform ini populer di kalangan masyarakat.

Sebagai pemula yang ingin berjualan secara online di Shopee, tentu Anda harus memahami bagaimana tips dan trik bisa mendapatkan pelanggan pertama dan juga mendapatkan banyak pesanan. Apa saja yang bisa dilakukan? Memulai Bisnis Online Di Shopee

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa jualan online di shopee dan laris manis.

  1. Daftar Akun Terlebih Dahulu

Cara memulai bisnis online lewat Shopee yang pertama tentu anda harus punya akun shopee dan toko di Shopee terlebih dahulu. Untuk cara pembuatan akun Shopee sendiri sangat mudah, Anda tinggal download aplikasinya terlebih dahulu di Play Store untuk penggunaan Android dan App Store untuk pengguna iOS.

   Setelah itu masuk ke aplikasi Shopee, kemudian  masuk ke menu Saya pilih Daftar.

   Masukkan nomor HP Anda yang aktif dan belum pernah terdaftar di Shopee dan masukkan kode captcha serta kode verifikasi dan klik Daftar.

   Anda akan mendapatkan SMS berupa kode verifikasi.

   Setelah proses verifikasi tinggal masukkan username dalam hal ini tentu Anda bisa menyesuaikan nama toko. Lalu masukkan password dan konfirmasi password.

   Akun toko Shopee sudah selesai dibuat.

  1. Lengkapi Profil Toko

Setelah memiliki akun toko Shopee maka sangat penting bagi anda untuk membuat profil toko dengan baik. Untuk melengkapi profil toko Anda harus mengisi beberapa data terlebih dahulu meliputi :

   Nama Toko, Anda harus memasukkan nama toko yang sesuai dengan brand pilih nama toko yang menjadi ciri khas dan juga mudah diingat.

   Deskripsi, bagian deskripsi cukup penting karena biasanya calon pembeli akan membaca deskripsi toko untuk mengetahui apakah toko tersebut memang kredibel atau tidak. Masukkan deskripsi meliputi produk apa saja yang dijual, jam buka toko hingga pilihan pengiriman. Jika memiliki berbagai promo di toko, maka masukkan promo voucher yang sedang berlangsung.

   Gambar deskripsi, bagian ini berisi gambar tentang brand dan juga anda bisa memasukkan gambar berupa program promo dan voucher.

  1. Mendaftar Program Gratis Ongkir

Sekarang masuk ke bagaimana tips supaya Anda bisa mendapatkan pelanggan pertama dan selanjutnya bisa mendapatkan banyak pesanan dari para pembeli. Salah satunya dengan cara mengikuti program gratis ongkir yang ada di Shopee, untuk para calon pelanggan.

Seperti diketahui, seluruh masyarakat tentu saja menyukai program gratis ongkos kirim. Karena dengan promo ini masyarakat bisa lebih hemat saat belanja online terutama jika berbelanja di kota atau pulau berbeda.  Anda sebagai penjual di Shopee, maka bisa mengikuti program ini dengan beberapa kriteria.

Seperti misalnya toko memiliki produk yang aktif minimal satu produk dengan stok minimal 1. Toko Anda masih menerima pesanan dalam 7 hari terakhir. Toko juga sudah mengaktifkan jasa kirim yang biasa dipakai oleh Shopee. Misalnya J&T Express, SiCepat REG, Shopee Express Standard dan lain-lain.

Toko Anda juga tidak boleh memiliki point penalti lebih dari 3 dan toko tidak punya riwayat pesanan tidak wajar.

  1. Upload Foto Produk Lebih Banyak

Jika memiliki toko online di Shopee dengan banyak produk, pastikan bahwa Anda sudah mengupload semua foto produk secara berkala. Semakin banyak produk di toko, maka semakin tinggi kemungkinan bahwa produk Anda akan dibeli oleh calon pembeli yang membuka marketplace.

Anda bisa mengupload minimal 10 foto produk dalam sehari. Selain memiliki tujuan untuk dibeli, cara ini juga dapat membuat pendeteksian dari sistem Shopee bahwa tokonya memang aktif.

Saat mengupload foto produk usahakan untuk memberikan deskripsi tentang informasi produk secara akurat. Mulai dari judul produk hingga foto produk, pastikan judulnya jelas dan foto produk dengan kualitas resolusi terbaik. Buat deskripsi produk meliputi spesifikasi, kegunaan produk dan detail lainnya.

  1. Harga  Produk Bersaing

Jika Anda menjual produk yang juga dijual banyak orang di Shopee tentu saja peluang adanya kompetitor semakin banyak. Namun bukan berarti produk tidak laku, karena bisa disiasati dengan memberikan harga yang lebih kompetitif. Terlebih dulu Anda bisa melakukan survei untuk harga kompetitor, agar bisa mengatur harga pasaran dan menjaga kompetisi tetap sehat.

Jangan hanya mengandalkan harga murah, karena pembeli di marketplace sekarang juga semakin cerdas untuk membeli barang dengan kualitas yang baik meskipun harganya sedikit lebih mahal. Anda juga bisa melakukan segmentasi pembeli, agar tidak perlu menjual produk terlalu murah sehingga keuntungan juga sedikit.

Itu tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk berjualan di Shopee. Terutama bagi para pemula yang ingin berjualan di marketplace ini dan ingin mendapatkan pelanggan pertama lebih cepat. Jangan lewatkan pula berbagai promo dan diskon di Shopee, dengan mengunjungi marketplace ini sekarang juga.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
UMKM online dinilai mampu bertahan selama pandemi
Kamis, 23 Juni 2022 - 17:01 WIB
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyatakan usaha mikro kecil dan meneng...
Sandiaga Uno nobatkan Asep Hermawan sebagai `Icon Inspiratif AKI Cirebon` 
Selasa, 21 Juni 2022 - 19:05 WIB
Seorang pemuda pelaku wirausaha di Kabupaten Majalengka Jawa Barat baru saja dinobatkan menjadi `Ico...
Gelar BBI Lagawi Fest, Kemenperin dorong IKM Lampung go-digital
Selasa, 21 Juni 2022 - 07:57 WIB
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) akan digelar di Lampung melalui “Lagawi Fest...
Cara memulai bisnis online di Shopee bagi pemula
Jumat, 17 Juni 2022 - 16:32 WIB
Memasarkan produk atau jasa secara online bisa dilakukan tidak hanya lewat sosial media tapi juga ma...
Keren! kerajinan aksesoris pemuda Subang ini tembus mancanegara
Sabtu, 28 Mei 2022 - 15:47 WIB
Berawal dari sebuah keisengan dari dampak Covid19 Retno Nugroho menggeluti kerajinan aksesoris dari ...
Kembangkan ekosistem UMKM, PBA gelar turnamen golf
Senin, 16 Mei 2022 - 18:24 WIB
Mengambil tema `UMKM Menuju Transformasi Digital` Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) menyelenggarakan UMK...
Batik Besurek khas Bengkulu tetap eksis di tengah pandemi COVID-19
Sabtu, 16 April 2022 - 18:12 WIB
Batik Besurek khas Provinsi Bengkulu yang memiliki motif gabungan antara kaligrafi dan bunga Raffles...
Kisah sukses UMKM jahit Surabaya di tengah gempuran pandemi
Kamis, 14 April 2022 - 16:53 WIB
Salah satu sektor usaha yang tidak luput dari dampak pandemi COVID-19 di Indonesia adalah usaha mikr...
Gernas BBI tingkatkan partisipasi IKM Lampung masuk platform digital
Jumat, 25 Februari 2022 - 17:47 WIB
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengharapkan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia...
Disdagin catat ada 180 ribu UMKM baru di Bandung akibat pandemi
Jumat, 25 Februari 2022 - 16:25 WIB
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mencatat adanya sekitar 180.000 Usaha M...
InfodariAnda (IdA)