Mengenal teknik persalinan `hypnobirthing`

Elshinta
Minggu, 12 Juni 2022 - 00:23 WIB | Editor : Widodo | Sumber : Antara
Mengenal teknik persalinan `hypnobirthing`
Ilustrasi kehamilan. (ANTARA/HO/Pexels)

Elshinta.com - Kehamilan merupakan salah satu peristiwa penting dalam sebuah keluarga, terutama jika kehamilan tersebut memang sudah lama dinantikan pasangan.

Di masa kini, sudah lebih banyak penelitian dan inovasi tentang kehamilan untuk mengakomodir kebutuhan wanita yang akan menjalani hal tersebut, salah satunya "hypnobirthing".

Sebagai salah satu metode untuk kehamilan sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang familiar dengan "hypnobirthing", termasuk para pesohor dan selebriti yang semakin mempopulerkan metode kehamilan ini.

Sebut saja yang terbaru seperti Nikita Willy, ada juga Sandra Dewi, Andien, hingga Olivia Jansen telah mencoba "hypnobirthing" dan membuat proses kehamilan hingga kelahirannya lancar.

Tidak hanya pesohor, metode itu juga telah dicoba oleh berbagai pesohor dunia seperti Jessica Alba hingga Kate Middleton.

Lalu apa sebenarnya "hypnobirthing"? Apa manfaatnya untuk ibu dan ayah?  Bidan Jamilatus Sadiyah yang bekerja sebagai Praktisioner "Hypnobirthing" menjelaskan teknik ini merupakan salah satu cara mengelola stres saat kehamilan terjadi.

Dengan memprogram ulang pikiran dari memori- memori yang kurang baik terutama terkait persalinan, Ibu dan Ayah nantinya akan mempraktikkan afirmasi positif sehingga proses kehamilan hingga persalinan tidak terasa seperti tekanan.

“Hypnobirthing memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu, bayi dan ayah selama proses kehamilan hingga persalinan usai, di antaranya seperti meningkatkan ketenangan diri untuk sel-sel kesehatan ibu dan janin, mengurangi mual, muntah dan pusing, mengatasi kecemasan dan ketakutan selama hamil dan persalinan, mengurangi resiko terjadinya komplikasi persalinan hingga mengurangi risiko baby blues nantinya," kata Bidan Jamilatus yang merupakan lulusan dari Poltekkes Kemenkes Jakarta.

Pengelolaan stres wajib dilakukan saat kehamilan berlangsung terutama oleh ibu agar anak bisa terhindar dari risiko- risiko kelainan kesehatan seperti alergi, kolik, diabetes, autis, hingga kelahiran prematur.

Tidak hanya menghindarkan sang buah hati dari masalah kesehatan fisik tapi juga pengelolaan stres pada ibu hamil berfungsi menjaga kesehatan emosi dan psikologi bayi di masa depan.

Karena stres harus dikelola secara berkala, maka dari itu metode "hypnobirthing" tidak hanya dilakukan sekali saja tapi secara berulang kali atau repetisi.

Minimal metode ini dilakukan oleh calon ibu sejak awal kehamilan selama tiga sampai empat kali dalam satu minggu.

Bagi calon ayah, disarankan juga dapat mengikuti "hypnobirthing" agar sebagai pasangan ia bisa berpartisipasi dan bisa ikut mengelola ketakutan yang sama terkait persalinan.

Dengan demikian, ayah nantinya mampu mendampingi dengan suportif dan tentunya memiliki pemikiran positif bahkan setelah proses kelahiran selesai.

Bidan yang juga telah mendampingi banyak calon ibu dan ayah menjalankan kehamilan lewat instagram @bumilpamil.id itu mengatakan calon orang tua dapat memulai teknik "hypnobirthing" dengan memberi sugesti atau afirmasi positif setiap harinya terhadap diri sendiri, seperti contohnya di masa kehamilan kondisi janin, plasenta, air ketuban, selaput ketuban, dan tali pusar sehat secara lahir batin hingga persalinan.

Lalu di masa persalinan, kedua orang tua bisa memikirkan bahwa persalinan yang dilakukan akan berjalan dengan lancar, nyaman, tenang, dikuatkan, diikhlaskan, dan melalui proses yang bahagia.

Memasuki masa menyusui, afirmasi positif yang bisa diberikan adalah ASI lancar dan bisa memenuhi kebutuhan bayi lahir dan batin.

Selain memberikan sugesti pada diri sendiri, "hypnobirthing" juga bisa dilakukan bersama janin saat di dalam kandungan. Komunikasi intens orang tua terhadap janin dinilai bisa mengurangi stres dan membuat proses kehamilan terasa ringan.

Adapun komunikasi bisa dilakukan dengan cara mengajak janin mengobrol di sela- sela aktivitas sehari-hari.

Untuk ibu, komunikasikan apapun yang ibu rasakan kepada bayi saat menjalani masa kehamilan. Ketika janin bergerak atau menendang, baik ibu dan ayah bisa menyapanya. Bahkan ibu dan ayah bisa meminta pendapat janin saat akan mengambil keputusan selama masa kehamilan berlangsung.

Saat memutuskan untuk melakukan "hypnobirthing" pastikan juga kondisi kesehatan baik ibu dan ayah prima terutama dari segi mental.

Melansir Healthline, saat akan melakukan "hypnobirthing" pastikan calon ayah dan ibu bisa memulainya dengan mengatur nafas dengan lebih teratur dan dalam kondisi tenang.

Ketika kondisi tenang sudah tercipta, barulah calon ayah dan ibu bisa mulai mengambil fokus dan memikirkan serta memberikan afirmasi positif.

Pakai kata- kata yang terasa menenangkan, seperti dibanding menggunakan kata "kontraksi" untuk membayangkan persalinan ada baiknya kata itu diubah menjadi "gelombang cinta".

Tentunya kata- kata itu juga harus bisa didukung dengan visualisasi yang positif seperti membayangkan persalinan tergambar seperti setangkai bunga yang sedang mekar.

Dengan terus memberikan afirmasi positif dan visualisasi yang baik tentunya baik ibu maupun ayah akan lebih tenang dan mampu menghadapi persalinan dengan lebih mantap.

Beberapa keuntungan lainnya yang mungkin terjadi ketika orang tua menerapkan "hypnobirthing" di masa kehamilan di antaranya membantu proses kelahiran lebih cepat karena biasanya ibu sudah lebih siap menyambut sang buah hati.

Selain itu disebut juga bahwa intervensi medis yang dilakukan bisa lebih sedikit. Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi di 2011 membuktikan ibu yang melahirkan alami dan sudah menjalani "hypnobirthing" lebih sedikit mendapatkan injeksi oksitoksin untuk mendorong kelahiran bayi.

Selain itu, studi di 2013 juga menunjukkan bahwa ibu yang sudah menjalani metode ini pun memberikan rasa aman untuk mengontrol dirinya ketika persalinan berlangsung dan akhirnya mengurangi rasa takut terkait hal itu.

Meski bisa dilakukan sendiri, akan lebih baik jika metode "hypnobirthing" ini bisa dipantau dan didampingi prosesnya bersama ahli seperti dokter atau pun doula.

Dengan pendampingan yang tepat tentunya hasil yang didapatkan bisa lebih efektif.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
HIMPONI anjurkan deteksi kanker payudara lewat pemeriksaan klinis
Jumat, 11 Agustus 2023 - 23:35 WIB

HIMPONI anjurkan deteksi kanker payudara lewat pemeriksaan klinis

Elshinta.com, Ketua Himpunan Perawat Onkologi Indonesia DR. Kemala Rita W.,SKp.,Sp.,Kep.,ETN.,MARS m...
Ini porsi makan yang tepat bagi ibu menyusui
Selasa, 08 Agustus 2023 - 23:23 WIB

Ini porsi makan yang tepat bagi ibu menyusui

Elshinta.com, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes...
ASI turunkan risiko obesitas saat anak beranjak dewasa
Selasa, 08 Agustus 2023 - 21:35 WIB

ASI turunkan risiko obesitas saat anak beranjak dewasa

Elshinta.com, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) Kementerian Kesehatan Maria En...
Dokter sarankan ibu tak perlu cuci puting sebelum menyusui
Rabu, 02 Agustus 2023 - 23:56 WIB

Dokter sarankan ibu tak perlu cuci puting sebelum menyusui

Elshinta.com, Dokter umum yang juga konsultan laktasi dr. Fitra Sukrita Irsal, IBCLC mengatakan par...
Praktisi kesehatan sebut ibu hamil wajib perhatikan kondisi tubuh
Minggu, 16 Juli 2023 - 18:45 WIB

Praktisi kesehatan sebut ibu hamil wajib perhatikan kondisi tubuh

Elshinta.com, Praktisi kesehatan dari Bidan Kita Yesie Aprilia menyebut ibu hamil wajib memperhatika...
Ganti pembalut setiap empat jam bantu cegah iritasi kulit 
Kamis, 06 Juli 2023 - 19:34 WIB

Ganti pembalut setiap empat jam bantu cegah iritasi kulit 

Elshinta.com,  Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan dari Universitas Indonesia dr Astrid Tere...
Gangguan tiroid yang ditangani dengan baik bisa kembalikan kesuburan
Kamis, 25 Mei 2023 - 21:55 WIB

Gangguan tiroid yang ditangani dengan baik bisa kembalikan kesuburan

Elshinta.com, Ketua Pengurus Pusat Perkumpulan Tiroid Indonesia Dr. dr. Tjokorda Gde Dalem Pemayun, ...
Menko PMK minta pemda optimalkan target penurunan `stunting`
Sabtu, 04 Februari 2023 - 20:44 WIB

Menko PMK minta pemda optimalkan target penurunan `stunting`

Elshinta.com, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Eff...
Angka stunting tinggi, PDIP beri pelatihan memasak warga Terban, Yogyakarta
Selasa, 24 Januari 2023 - 13:56 WIB

Angka stunting tinggi, PDIP beri pelatihan memasak warga Terban, Yogyakarta

Elshinta.com, Kasus stunting di Yogyakarta sampai saat ini masih banyak ditemukan. Di kelurahan Ter...
 Kejar target nasional penurunan stunting, Ganjar galakkan pencegahannya sedini mungkin
Senin, 23 Januari 2023 - 15:05 WIB

Kejar target nasional penurunan stunting, Ganjar galakkan pencegahannya sedini mungkin

Elshinta.com, Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganja...

InfodariAnda (IdA)