Final Liga Champions: Secuil kisah dari Paris 41 tahun silam

Elshinta
Selasa, 24 Mei 2022 - 09:50 WIB | Editor : Calista Aziza | Sumber : Antara
Final Liga Champions: Secuil kisah dari Paris 41 tahun silam
Bek sayap Liverpool Alan Kennedy (kanan) melepaskan tembakan untuk menaklukkan kiper Real Madrid Agustin (kiri) demi mencetak gol penentu kemenangan dalam final Piala Champions 1980-81 di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, pada 27 Mei 1981. (ANTARA/AFP/Dominique Faget)

Elshinta.com - Parc des Princes, Paris, Prancis, 27 Mei 1981. Pertandingan final Piala Champions 1980-81 antara Liverpool kontra Real Madrid memasuki menit ke-82 ketika bola lemparan ke dalam Ray Kennedy diterima oleh Alan Kennedy.

Pantulan bola yang mengenai dada bek sayap kiri Liverpool itu berusaha disapu oleh oleh Rafael Garcia Cortes, tapi kaki kirinya menendang angin sementara Kennedy terus merangsek ke dalam kotak penalti Real Madrid.

Sentuhan Kennedy berikutnya adalah tendangan penyelesaian yang tak mampu diantisipasi sempurna oleh kiper Agustin dan bola melesak ke dalam gawang Real Madrid. Liverpool memecahkan kebuntuan setelah jual beli serangan kedua tim tak kunjung membuahkan hasil.

Kennedy sebelumnya sudah menciptakan peluang pertama di pertandingan itu pada menit ke-11 dengan sebuah tembakan jarak jauh yang masih bisa dijinakkan oleh Agustin.

Real Madrid balas mengancam mengandalkan umpan-umpan berbahaya dari Juanito, termasuk yang bisa dikejar oleh Jose Antonio Camacho yang kemudian memperdaya Alan Hansen tapi tembakan penyelesaiannya melenceng dari sasaran.

Liverpool kembali melancarkan serangan di pengujung babak pertama melalui kombinasi Phil Neal dan Kenny Dalglish yang kemudian menyodorkan bola untuk diselesaikan Graeme Souness, tetapi sekali lagi Agustin sigap mengamankan gawang Real Madrid.

Babak kedua dibuka dengan antisipasi buruk lini belakang Liverpool yang merasa Laurie Cunningham berada di posisi offside, memberi kesempatan Camacho merangsek berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ray Clemence. Camacho berusaha mengecoh Clemence dengan tendangan cungkil, tapi bola masih terlalu tinggi di atas gawang.

Setelah Kennedy yang memecahkan kebuntuan, manajer Bob Paisley menempuh langkah pragmatis dengan menarik keluar Dalglish digantikan gelandang Jimmy Case demi mengamankan keunggulan.

Skor 1-0 bertahan hingga bubaran. Liverpool meraih trofi paling bergengsi Eropa ketiga mereka, sembari menjaga status juara bertahan di tangan klub Inggris untuk lima musim beruntun dan Real Madrid melanjutkan paceklik setelah kali terakhir juara pada 1966.

Hasil itu juga membuat Liverpool jadi tim keempat yang pernah menjuarai Piala Champions sekurang-kurangnya tiga kali, setelah Real Madrid, Ajax, dan Bayern Muenchen.

Sedangkan Paisley menorehkan rekor sebagai pelatih pertama yang tiga kali menjuarai Piala Champions, catatan yang di kemudian hari disamai oleh dua pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti dan Zinedine Zidane, ketika kompetisi sudah berganti nama menjadi Liga Champions.

Sabtu 28 Mei 2022 nanti, tepat 41 tahun dan satu hari setelah gol menentukan Alan Kennedy tersebut, sekira 15 km dari Parc des Princes tepatnya di Stade de France, Liverpool akan kembali bertemu Real Madrid dalam final Liga Champions 2021-22.


Nyaris absen
Gol semata wayang Alan Kennedy berakhir menjadi penentu trofi Eropa ketiga Liverpool sekaligus membantu mencatatkan nama Paisley dalam sejarah emas kompetisi klub Benua Biru.

Namun, sang pahlawan rupanya nyaris absen dari pertandingan semifinal Piala Champions 1980-81 lantaran cedera yang dideritanya di leg pertama semifinal melawan Bayern Muenchen yang berkedudukan akhir 0-0 di Anfield pada 8 April 1981.

"Pergelangan tangan saya patah dalam leg pertama semifinal dan dokter klub bilang itu cedera yang butuh masa pemulihan 10 pekan," kata Kennedy dalam wawancara dengan BBC pada 2018.

"Saya ingin bermain tapi kami tidak menemukan cara mengatasi kondisi cedera ini, entah diplester atau perban. Pada akhirnya sebuah gips logam diikatkan ke pergelangan tangan saya. Itu agak rumit, berat dan jelas akan dinilai tindakan berbahaya di dunia sepak bola sekarang," ujarnya menambahkan.

Konsultasi panjang bagaimana mengatasi cedera dan kondisinya memaksa Kennedy tinggal di Merseyside dan hanya bisa menyimak pertandingan leg kedua semifinal di Jerman lewat siaran radio.

Liverpool juga mengalami kesulitan lain di Muenchen, di mana Dalglish harus menepi di menit-menit awal karena cedera digantikan pemain minim pengalaman Howard Gayle.

Sebuah gol dari Ray Kennedy membawa Liverpool memimpin tujuh menit jelang bubaran waktu normal, yang segera dijawab oleh Bayern melalui Karl-Heinz Rummenige, tetapi skor 1-1 bertahan dan The Reds berhak lolos ke final berkat aturan gol tandang.

Sebulan berlalu Kennedy turut dalam rombongan Liverpool yang terbang ke Paris untuk partai final, tapi ia masih diliputi keraguan akan peluangnya bermain.

Kennedy, yang didatangkan Liverpool seharga 300 ribu poundsterling pada musim panas 1978, mengaku tidak cukup tidur pada malam jelang final selain karena sambutan suporter tetapi juga kondisinya sendiri apakah ia bisa tampil untuk melakoni final Piala Champions perdananya.

"Beberapa pemain sudah ambil bagian dalam dua final sebelumnya, tetapi itu adalah kali pertama bagi saya. Saya tidak cukup tidur malam harinya. Pikiran saya tersita akan pertandingan itu dan sakit yang masih terasa di pergelangan tangan," tuturnya.

Di hari pertandingan, para pemain Liverpool dibangunkan pukul 16.00 sore setelah tidur siang oleh asisten pelatih Ronnie Moran dan Kennedy baru mengetahui namanya dalam starting eleven begitu tiba di Parc des Princes.

"Itu sedikit mengejutkan untuk dilibatkan dan saya merasa tidak cukup siap secara mental. Tetapi ketika mana manajer memanggil namamu, Anda harus segera menyesuaikan diri dan bersiap-siap untuk tampil," kata Kennedy.

Situasi Kennedy 1981 tentu mau tak mau akan mengingatkan publik akan kondisi Liverpool saat ini, di mana mereka masih diliputi tanda tanya mengenai kondisi dua gelandang yakni Fabinho dan Thiago Alcantara untuk final melawan Real Madrid nanti.

Fabinho sudah absen sejak ditarik keluar karena cedera di pertengahan babak pertama pertandingan Liga Inggris melawan Aston Villa pada 10 Mei lalu.

Sedangkan Thiago menepikan diri di menit-menit tambahan babak pertama partai pemungkas Liga Inggris di Anfield, Minggu (22/5).


Parade juara
Apabila ada sedikit saja kemungkinan bagi Fabinho dan Thiago bermain di final nanti, Juergen Klopp harus berani melakukan perjudian seberani Paisley menurunkan Alan Kennedy di Paris 1981 silam.

Perjudian Paisley terbukti berbuah manis sebab Kennedy menjadi pencetak gol semata wayang penentu kemenangan Liverpool, gol yang diakuinya terjadi tanpa perencanaan rinci.

"Saya tidak berpikir untuk mencetak gol, saya hanya ingin berlari menciptakan ruang bagi Souness, (Terry) McDermott, atau Dalglish. Tapi Dalglish pergi mendekati garis kotak penalti di sisi lain sehingga saya berlari ke ruang yang terbuka itu," katanya.

Kennedy masih mengingat jelas salah satu bek Real Madrid berusaha menyapu bola dan meleset, memberinya kesempatan untuk terus melanjutkan tusukan.

Menurut Kennedy momentum penentu lainnya adalah keputusan kiper Real Madrid, Agustin, beranjak meninggalkan gawang untuk menutup pergerakannya.

"Jika kiper bertahan di tempatnya, mungkin dia akan berakhir menyelamatkan tembakan saya, tapi dia melakukan sedikit pergerakan ke sisi kirinya untuk menutup celah tiang jauh sebaik tiang dekat. Itu memberi sinyal saya bisa mengarahkan bola ke area yang bisa menjadi gol," pungkasnya.

Ketika bola melesak ke dalam gawang Real Madrid, sontak Kennedy berlari ke tepi lapangan untuk melakukan selebrasi bersama suporter Liverpool yang memadati tribun belakang gawang sebelum ditelan hujan pelukan dari rekan-rekannya.

Suasana perayaan berlanjut di tempat hiburan malam Paris, di mana menurut pengakuan Kennedy sebagian pemain Liverpool bahkan menyambangi kelab tari telanjang membawa serta trofi Piala Champions.

Parade juga dilakukan ketika Kennedy dkk mendarat lagi di Liverpool, mereka berkeliling kota di atas bus terbuka di mana rekan-rekannya membentangkan spanduk bertuliskan "Thanks Barney", merujuk pada kemiripan Kennedy dengan tokoh Barney Rubble dalam serial kartun Flintstones.

Parade serupa juga sudah dipastikan akan kembali dilangsungkan oleh Liverpool pada 29 Mei 2022 nanti di mana pasukan besutan Juergen Klopp sudah pasti akan memamerkan dua trofi raihan musim ini yakni Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Partai di Stade de France sehari sebelumnya akan menentukan apakah Klopp bakal mendapatkan satu trofi tambahan untuk dipamerkan dirayakan bersama para pemuja warna merah di kota Liverpool nanti.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Galatasaray dan Braga lolos ke fase grup Liga Champions
Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:28 WIB

Galatasaray dan Braga lolos ke fase grup Liga Champions

Elshinta.com, Galatasaray dan Braga lolos ke fase grup Liga Champions setelah kedua tim meraih hasi...
Bali United wakili Indonesia pada kualifikasi Liga Champions Asia
Senin, 12 Juni 2023 - 12:11 WIB

Bali United wakili Indonesia pada kualifikasi Liga Champions Asia

Elshinta.com, Klub sepak bola Bali United mewakili Indonesia pada babak kualifikasi Liga Champions A...
Inzaghi sebut akan lakukan yang terbaik untuk lawan tim yang kuat
Sabtu, 10 Juni 2023 - 12:20 WIB

Inzaghi sebut akan lakukan yang terbaik untuk lawan tim yang kuat

Elshinta.com, Pelatih Inter Milan Simone Inzaghi mengatakan timnya akan memberikan kemampuan terbaik...
AC Milan amankan tiket Liga Champions usai menang tipis atas Juventus
Senin, 29 Mei 2023 - 08:59 WIB

AC Milan amankan tiket Liga Champions usai menang tipis atas Juventus

Elshinta.com, AC Milan mengamankan tiket Liga Champions musim depan setelah menang tipis 1-0 atas Ju...
Ditahan imbang Leicester, Newcastle dipastikan lolos ke Liga Champions
Selasa, 23 Mei 2023 - 09:51 WIB

Ditahan imbang Leicester, Newcastle dipastikan lolos ke Liga Champions

Elshinta.com, Newcastle United memastikan diri lolos ke Liga Champions musim depan meski bermain imb...
Manchester City hadapi Inter Milan di final Liga Champions 2022/23
Kamis, 18 Mei 2023 - 06:39 WIB

Manchester City hadapi Inter Milan di final Liga Champions 2022/23

Elshinta.com, Manchester City mengamankan tempat ke final Liga Champions 2022/23 setelah menghajar R...
Inter Milan melaju ke final Liga Champions 2022/23
Rabu, 17 Mei 2023 - 08:00 WIB

Inter Milan melaju ke final Liga Champions 2022/23

Elshinta.com, Inter Milan melaju ke final Liga Champions 2022/23 seusai mengalahkan AC Milan dengan ...
Laga Real Madrid kontra Manchester City berakhir imbang 1-1
Rabu, 10 Mei 2023 - 08:52 WIB

Laga Real Madrid kontra Manchester City berakhir imbang 1-1

Elshinta.com, Laga semifinal leg pertama Liga Champions antara Real Madrid kontra Manchester City be...
Milan kalahkan Napoli 1-0 di leg pertama perempat final Liga Champions
Kamis, 13 April 2023 - 08:21 WIB

Milan kalahkan Napoli 1-0 di leg pertama perempat final Liga Champions

Elshinta.com, AC Milan kalahkan Napoli dengan skor tipis 1-0 dalam laga leg pertama perempat final L...
Real Madrid menang 2-0 atas 10 pemain Chelsea
Kamis, 13 April 2023 - 06:31 WIB

Real Madrid menang 2-0 atas 10 pemain Chelsea

Elshinta.com, Real Madrid meraih kemenangan 2-0 melawan Chelsea dalam pertandingan leg pertama perem...

InfodariAnda (IdA)