1001 Alasan Bangga Indonesia
Alasan Bangga #42
Remaja asal Makassar menang Lomba Komik Dunia dengan Superhero ‘Cipta’
Elshinta
Sabtu, 12 Januari 2019 - 22:18 WIB | Penulis :
Remaja asal Makassar menang Lomba Komik Dunia dengan Superhero ‘Cipta’
‘Cipta’ memenangkan 23.000 suara yang ikut memberikan voting di situs internet.

“Aku ngalamin senioritas waktu baru masuk SMA, diteriakin, dibikin malu. Temanku pernah dilempar senior pakai gelas plastik berisi es.”

Pengalaman dirisak inilah yang mendorong Rizka Raisa Fatimah Ramli, remaja 17 tahun asal Makassar, Sulawesi Selatan, terus menggambar.

“Saya lebih nyaman speak up lewat gambar. Kalau berhadapan langsung dengan orang lain, apalagi dengan yang tidak dekat, sulit sekali ngomong. Dengan gambar saya merasa lebih bebas bereskpresi,” kata Rizka saat dihubungi VOA Indonesia.

Pengalaman buruk dan hobi menggambar yang telah ditekuninya sejak kelas tiga sekolah dasar inilah yang membawa perempuan tahun akhir SMA tersebut, masuk ke sebuah pengalaman baru yang tidak dia duga.

Oktober 2018 lalu, Rizka mengikuti kontes komik superhero yang diadakan badan kesejahteraan dan pendidikan anak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), UNICEF dan Comics Uniting Nations.

Dalam lomba ini anak di seluruh dunia diminta membuat komik dengan fokus cerita karakter superhero yang bisa mengalahkan tokoh jahat, yang selalu membungkam anak-anak yang ingin berbicara melawan kekerasan di sekolah.

Rizka menciptakan dan mengirimkan karakter superhero bernama ‘Cipta’, yang kemudian dipilih UNICEF sebagai juara, mengalahkan lebih 3.600 karya dari sekitar 130 negara di dunia.

‘Cipta’ memenangkan 23.000 suara yang ikut memberikan voting di situs internet.

 

Sumber: VOA Indonesia

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 

InfodariAnda (IdA)