Emas Odekta untuk menebus dosa

Elshinta
Jumat, 20 Mei 2022 - 09:23 WIB | Editor : Widodo | Sumber : Antara
Emas Odekta untuk menebus dosa
Odekta Elvina Naibaho (kanan) melakukan hormat kepada bendera Merah Putih usai pengalungan medali nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Elshinta.com - "Kekuatan, serta penghiburan, diberikan Tuhan kepadaku." Kalimat itu selalu diulang Odekta Elvina Naibaho untuk memastikan diri tetap sadar dan sabar saat berupaya menyelesaikan lari jarak jauh sepanjang 42,195 kilometer.

"Tuhan berikan kekuatan sama saya," suara Odekta sedikit bergetar, kata demi kata seakan tertahan ketika tak kuasa air mata meleleh di pipi mengetahui dirinya berhasil finis di urutan terdepan di antara enam pelari lainnya dari empat negara berbeda di kawasan Asia Tenggara.

Selama berlari di seputar Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, dengan kondisi cuaca yang sejuk sekitar 21-23 derajat celcius tetapi lembab, Odekta terbayang-bayang pada kejadian tiga tahun silam ketika dia tidak dapat melihat garis finis.

Kala itu, pada SEA Games Filipina, Odekta yang memimpin perlombaan sejak awal terjatuh sekitar 600 meter jelang finis dan tak bisa melanjutkan perlombaan.

Kejadian pahit itu masih terekam jelas di ingatan Odekta. Hal itu juga yang menjadi pengingat pelari kelahiran Desa Soban, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, itu untuk tidak terhasut hawa nafsu sendiri dalam menyelesaikan marathon.

Tetap sabar, menjadi kunci selama perlombaan. Menurunkan ego, menahan emosi, dia akhirnya lebih memilih mengikuti irama lari para pesaingnya ketimbang mencetak catatan waktu yang lebih baik demi dapat melihat garis finis.

"Puji Tuhan. Tuhan mengizinkan hari ini bisa menginjakkan kaki di finis, doa saya dari kemarin saya ingin menebus dosa saya yang sebelumnya," ujar Odekta.

Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho (tengah) menangis usai memenangi nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). O ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc

 Memperbaiki kesalahan
Strategi menjadi kunci. Marathon bukan soal siapa yang menjadi yang tercepat. Hal itu disadari betul oleh Odekta setelah kejadian SEA Games ke-30.

Perempuan kelahiran 5 November 1991 itu akhirnya finis di urutan pertama dengan catatan waktu 2 jam 55 menit 27 detik, sekaligus membawa pulang emas SEA Games ke-31. Berada di depan pelari Filipina Christine Halllasgo dan wakil tuan rumah Ngoc Hoa Hoang Thi yang masing-masing harus puas dengan perak dan perunggu.

Meski beigtu, catatan waktu yang dia torehkan tidak lebih baik dari yang dia bukukan pada PON Papua 2021, yaitu 2 jam 48 menit 46 detik.

Odekta menggugurkan tekadnya untuk memperbaiki catatan waktu. Sebab, menurutnya SEA Games bukan lagi soal dirinya, melainkan soal nama Indonesia -- bendera yang dikibarkan dan lagu kebangsaan yang dikumandangkan di negara lain.

"Saya ingin memperbaiki kesalahan yang sebelumnya, pernah ada trauma bisa enggak ya, karena masih ada di otak ini event yang sama akan kah terulang," kata Odekta yang masih merasa tidak percaya diri sebelum berlomba.

Sepanjang hari sebelum berlomba, Odekta mencoba memvisualisasikan bagaimana dia berlari, mengingat kembali tujuan dan keinginannya berada di ibu kota negara bekas jajahan Prancis itu.

"Harus bisa" bukan lagi kata-kata yang tepat baginya. Dia menghilangkan kata "harus," hingga tersisa "bisa" yang selalu tertanam di kepalanya.
 
Untuk keluarga
Dua bulan berjuang tanpa mendapat biaya juga menjadi pelecut semangat Odekta untuk memenangi lomba.

Dia harus mengorbankan tidak hanya materi tetapi juga terkuras secara emosi -- "butuh air mata, sangat banyak hal yang diperjuangkan," ucapnya.

Malam sebelum bertanding dia menuliskan kata-kata penyemangat pada selembar kertas dengan foto kedua orang tua dia tempelkan di sana.

Kertas yang dia tunjukkan usai mencapai garis finis.

"Akhirnya… Impianku selama ini terwujud mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia. Terima kasih Ayah Ibu atas doa restu mu," begitu bunyinya.


Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho membawa kertas berisi pesan untuk orang tuanya usai memenangi nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Sempat terhalang restu orang tua, kemenangan yang satu demi satu diraih perempuan berusia 30 tahun itu menjadi pembuktian diri.

"Mau sampai kapan berlari," menjadi pertanyaan yang sulit untuk dijawab Odekta, terlebih usianya sudah tak lagi muda.

Namun, Odekta tahu betul apa yang dia inginkan sejak memfokuskan diri untuk persiapan PON XIX 2016 Jawa Barat. Pada ajang pesta olahraga nasional empat tahunan itu, Odekta berhasil meraih medali perunggu di nomor marathon putri.

Meski begitu, kemenangan tersebut tampaknya belum menjadi jawaban bagi orang tua Odekta yang beranggapan bahwa profesi atlet tidak menjamin masa depan yang cerah dan lebih menginginkan dia untuk mendapat pekerjaan kantoran.

Hingga akhirnya, perjuangan Odekta habis-habisan melawan atlet-atlet dunia saat dia turun di ajang Asian Games 2018 membuka mata orang tuanya.

Satu demi satu medali kemudian berhasil dikoleksi untuk meluluhkan hati, termasuk perunggu di nomor 10.000 meter putri pada SEA Games 2019.

Emas di PON XX Papua pada Oktober menjadi bekal bagi Odekta untuk mengantongi restu ayah ibu menuju Vietnam.

Doa orang tua juga dia rasa menjadi obat paling mujarab, selain dukungan pelatih dan teman-teman berlatih, ketika dia harus bersusah payah mempersiapkan diri secara mandiri untuk SEA Games ke-31.

Selembar kertas yang kembali dia pamerkan usai menggenggam medali emas sukses menyampaikan pesan bahwa di balik kesuksesan ada pengorbanan, ada doa-doa orang yang benar-benar -- walaupun tidak banyak -- tulus diucapkan.

Lewat doa yang berjaya dan usaha penuh air mata, Odekta akhirnya mampu untuk menebus dosa.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Pemkab Boyolali lepas 22 atlet ikuti pekan paralimpik provinsi IV NPCI
Rabu, 06 September 2023 - 22:56 WIB

Pemkab Boyolali lepas 22 atlet ikuti pekan paralimpik provinsi IV NPCI

Elshinta.com, Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah kembali mengirimkan para atlet disabilitas ...
Liga E-sports Nasional Pelajar 2023 segera digelar di Jakarta
Rabu, 06 September 2023 - 19:24 WIB

Liga E-sports Nasional Pelajar 2023 segera digelar di Jakarta

Elshinta.com, Kompetisi Liga Esports Nasional Pelajar 2023 adalah kompetisi tingkat pelajar terbesar...
JBL Ride 2023 jadi ajang bertemunya penggemar balap sepeda Indonesia
Rabu, 06 September 2023 - 16:27 WIB

JBL Ride 2023 jadi ajang bertemunya penggemar balap sepeda Indonesia

Elshinta.com, Ketua Panitia Penyelenggara JBL Ride 2023 Harlie Ayung mengatakan ajang balap sepeda t...
Delapan wakil Indonesia tampil di hari kedua China Open 2023
Rabu, 06 September 2023 - 07:57 WIB

Delapan wakil Indonesia tampil di hari kedua China Open 2023

Elshinta.com, Sebanyak delapan wakil Indonesia siap menghadapi sejumlah unggulan di hari kedua turna...
Dejan/Gloria dan Rinov/Pitha bersiap hadapi unggulan di China Open
Selasa, 05 September 2023 - 15:43 WIB

Dejan/Gloria dan Rinov/Pitha bersiap hadapi unggulan di China Open

Elshinta.com, Dua pasangan ganda campuran Indonesia yaitu Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaj...
Sabalenka maju ke perempat final US Open
Selasa, 05 September 2023 - 10:02 WIB

Sabalenka maju ke perempat final US Open

Elshinta.com, Petenis putri Belarus Aryna Sabalenka berhasil maju ke babak perempat final US Open de...
PORPI Bali ajak masyarakat berolahraga pernafasan 
Senin, 04 September 2023 - 19:44 WIB

PORPI Bali ajak masyarakat berolahraga pernafasan 

Elshinta.com, Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akr...
Ratusan atlet dari 19 negara bersaing di BNI Indonesia Masters 2023
Senin, 04 September 2023 - 16:39 WIB

Ratusan atlet dari 19 negara bersaing di BNI Indonesia Masters 2023

Elshinta.com, Sebanyak 301 pebulu tangkis dari 19 negara akan bersaing menjadi yang terbaik pada kej...
Sambut HUT ke-64, Pepabri gelar turnamen golf 
Senin, 04 September 2023 - 14:32 WIB

Sambut HUT ke-64, Pepabri gelar turnamen golf 

Elshinta.com, Dalam rangka menyambut HUT Ke-64 Pepabri (Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI da...
Gubernur Sutarmidji berharap kompetisi esport berkelanjutan di Kalbar
Senin, 04 September 2023 - 11:15 WIB

Gubernur Sutarmidji berharap kompetisi esport berkelanjutan di Kalbar

Elshinta.com, Gubernur Kalbar Sutarmidji berharap kompetisi esport, seperti turnamen mobile legends ...

InfodariAnda (IdA)

Elshinta
CGTN INDONESIA

PM Kamboja temui Wang Yi