Kembangkan ekosistem UMKM, PBA gelar turnamen golf

Elshinta
Senin, 16 Mei 2022 - 18:24 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Elshinta.Com
Kembangkan ekosistem UMKM, PBA gelar turnamen golf
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Mengambil tema `UMKM Menuju Transformasi Digital` Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) menyelenggarakan UMKM Exhibition & Golf Tourrnament yang berlangsung di  Rancamaya Golf, Bogor, Minggu (15/5). Turnamen Golf tersebut diselenggarakan dengan memperkenalkan produk-produk UMKM, khususnya merek kolektif Lupba yang digagas oleh PBA melalui penyelenggaraaan pameran UMKM.

Acara tersebut dihadiri oleh Muhamad Neil Imam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif yang mewakili Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rully Nurianto, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM bidang ekonomi makro yang mewakili Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UMKM, Bima Arya, Walikota Bogor, Andre Rosiade, Anggota Komisi VI DPR RI, Hamdan Zoelva (mantan Hakim MK), Ferry Mursidan Baldan (Mantan Menteri ATR/BPN), James Ibrahim dan Inda D Hasman selaku Dewan Pengawas PBA,  Ary Zulfikar Ketua Umum PBA beserta segenap jajarannya serta para pegolfer baik dari kalangan swasta maupun pejabat pemerintah.

Melalui video, dalam sambutannya Sandiaga Uno, menyampaikan selamat atas terselenggaranya turnamen golf dan exhibition UMKM sekaligus peluncuran platform  digital bumialumni.com. sebagai sarana untuk memasarkan produk-produk UMKM di sistem digital.
“Saya optimis target 30 juta UMKM on boarding bisa terkejar, dengan makin banyaknya UMKM yang bergabung di platform digital,” jelas Sandiaga Uno. Apalagi dengan dibantu oleh berbagai Lembaga seperti halnya PBA, yang memiliki komunitas sangat beragam untuk membuat UMKM semakin berkembang.

Muhamad Neil Imam, Deputi Bidang Ekonomi Digital Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan berdasarkan data dari kemenkop jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64 juta, dan partisipasi terhadap pertumbuhan domestik bruto mencapai 61 persen, lebih dari 86 triliun. Indonesia adalah negara dengan nilai ekonomi digital tertinggi dikawasan ASEAN.

“Nilainya mencapai 77 Miliar dollar ini, melebih prediksi sebelumnya yang mencapai 46 Miliar Dolar,” ujarnya. Karena itu pihaknya sangat mengapresiasi Langkah PBA yang melakukan transformasi digital bagi pelaku UMKM, lantaran potensinya yang sangat besar diprediksi pada tahun 2025 akan mencapai 145 juta dollar dari e-commerce.

Rully Nurianto, staf ahli Menteri Koperasi dan UMKM menyampaikan selamat kepada PBA atas peluncuran platform digital untuk pelaku UMKM. “Mudah-mudahan ini menjadi kebanggaan bagi kita semua dan ke depan makin banyak platform anak bangsa,” jelasnya. Ia berharap potensi digital yang sangat besar ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk memajukan perekonomian. Terutama bagi para pelaku bisnis UMKM dan Koperasi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyambut baik terselenggaranya turnamen golf dan exhibition untuk UMKM yang berlangsung di wilayahnya. Hal ini semakin memacu Bogor untuk menumbuhkan perekonomian yang sempat terdampak pandemi.
 
“Bogor salah satu wilayah yang  proses recovery-nya sangat cepat, karena menjadi destinasi wisata dan penyangga ibukota,” tuturnya.

Ia berterima kasih PBA sudah menjadi bagian dari percepatan recovery ekonomi dengan menyelenggarakan acara di Rancamaya, Bogor.

Komisi VI DPR melalui Andre Rosiade juga sangat mendukung inovasi yang dilakukan oleh PBA. Pihaknya yang bermitra dengan Kementerian Koperasi dan UMKM dan BUMN akan mendorong mereka untuk mendukung dan bekerjasama dengan PBA.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Turnamen Golf dan Exhibition, Defrizal Djamaris menyampaikan penyelenggaraan acara ini tak lepas dari komitmen PBA untuk terus mengembangkan UMKM di Indonesia. “Meski latar belakang pengurus PBA berasal dari berbagai macam profesi, namun kami memiliki komitmen yang sama untuk mengembangkan UMKM,” jelasnya.

Mereka yang hadir menjadi peserta sekitar 132 pegolfer bisa langsung berinteraksi dengan para pelaku UMKM binaan PBA yang ikut dalam exhibition. “ Ini adalah cara untuk mempromosikan produk UMKM kepada peserta, pegolfer yang datang dari berbagai kalangan, bisa langsung membeli dan melakukan transaksi dengan UMKM yang ikut,” tambahnya. Dari kegiatan tersebut, para pelaku UMKM berhasil membukukan transaksi sekitar Rp 30 juta.

Dalam acara tersebut, PBA juga me-launching bumialumni.com yang merupakan market place bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Bumialumni.com menjadi wahana digital yang menaungi ratusan UMKM, untuk semakin meluaskan jangkauan pemasaran bagi produk-produk UMKM yang tergabung dalam PBA.

Berbeda dengan marketplace lainnya bumialumni.com tidak hanya berisi penjualan produk, namun juga menggabungkan dengan berbagai informasi, seperti kisah-kisah inspiratif, layanan hukum bagi UMKM, rubrik konsultasi UMKM dan sebagainya.

Menurut Ketua Umum PBA, Dr Ary Zulfikar tema UMKM Transformasi Digital menjadi sangat penting mengingat penetrasi penggunaan internet di Indonesia sudah meluas. “Hal tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para pelaku UMKM, untuk memasarkan produknya melalui perangkat digital,” jelasnya. Apalagi selama pandemi transaksi melalui platform digital meningkat sangat pesat.

PBA melalui PT Bumi Alumni Gallery (BAG) sejak awal mempersiapkan infrastruktur digital untuk mengembangkan UMKM yang berada dalam binaanya. Setelah melalui proses yang cukup panjang, dari mulai menggandeng Kirim-Aja sebagai partner distribusi, mendevelop website, akhirnya PBA melaunching secara resmi bumialumni.com, yang merupakan ujung tombak pemasaran UMKM di ranah digital.

Kehadiran bumialumni.com semakin melengkapi lini pemasaran PBA, yang sebelumnya juga sudah menggarap pasar offline dengan melaunching kafe Lupba, Kadin Bandung, Kafe Lupba di BTC Mall, dan Pusat Oleh-Oleh/ Cupba Café di Kawasan hotel Green Forest, Bandung.

“Selain menjadi tempat untuk menikmati kopi, kafe yang kami buat juga menjadi ajang untuk menjual dan mempromosikan produk-produk merek lupba,” jelas Ary Zulfikar. Kini, PBA memasarkan produknya secara hybrid, secara online maupun offline. Dua-duanya menjadi ujung tombak pemasaran produk PBA.
 
Dalam kesempatan tersebut, PBA juga me-launching varian baru dari merek  Lupba. Menurut Dr. Dewi Tenty dalam proses mengembangkan UMKM ada satu proses yang sering menjadi kendala, yakni bagaimana mengembangkan jejaring pasar. Mencari peluang pasar, menembus pasar yang lebih luas adalah hal klasik yang dialami oleh pebisnis UMKM.

“Dengan menciptakan gerai pusat oleh-oleh dan kafe serta membuka pasar digital melalui bumialumni.com, maka PBA menjangkau pasar yang lebih luas lagi,” jelasnya.  Sehingga memungkinkan produk-produk PBA tidak hanya berada dalam komunitas alumni namun juga pasar domestik bahkan internasional.

PBA terus melakukan usaha untuk membangun jaringan global, termasuk bekerjasama dengan perusahaan logistik dari Korea atau melalui jaringan lainnya untuk menembus pasar global.

Dr. Dewi Tenty mengajak pelaku UMKM bergabung dengan PBA mengembangkan produknya, memasarkan melalui berbagai lini market yang dikembangkan oleh PBA. “Silahkan bergabung, kami sangat terbuka dengan berbagai produk UMKM, daripada bekerja sendiri-sendiri, lebih baik bergabung dengan merek kolektif Lupba,” ujarnya.

Hanya saja pihaknya akan melakukan kurasi bagi setiap produk, untuk melihat sejauh mana kualitasnya, packagingnya, produksinya dan sebagainya. Kurasi ini untuk menentukan,apakah pelaku UMKM tersebut perlu untuk dilakukan perbaikan. “Untuk masuk ke dalam bumialumni.com, saya sendiri  yang melakukan kurasi, agar produk tetap terjaga kualitasnya,” tuntasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
DJKN sebut tingkatkan ekonomi UMKM Papua melalui pasar digital
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:53 WIB

DJKN sebut tingkatkan ekonomi UMKM Papua melalui pasar digital

Elshinta.com, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Pap...
Wali Kota Serang apresiasi program pemberdayaan UMKM Sampoerna
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 18:17 WIB

Wali Kota Serang apresiasi program pemberdayaan UMKM Sampoerna

Elshinta.com, Melalui program pemberdayaan UMKM Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di...
Jatuh bangun bisnis dari nol ala influencer Anggela Permatasari
Kamis, 24 Agustus 2023 - 13:12 WIB

Jatuh bangun bisnis dari nol ala influencer Anggela Permatasari

Elshinta.com, Anggela Permatasari atau yang akrab disapa Tacik dikenal sebagai influencer yang memil...
Jadi sentra industri, Festival Shuttlecock digelar di Desa Lawatan, Tegal
Senin, 14 Agustus 2023 - 18:35 WIB

Jadi sentra industri, Festival Shuttlecock digelar di Desa Lawatan, Tegal

Elshinta.com, Dalam rangka memperkenalkan Desa Lawatan sebagai sentra pengrajin shuttlecock terbesar...
Menparekraf jelaskan lima kriteria penting bagi pelaku ekraf
Senin, 31 Juli 2023 - 18:12 WIB

Menparekraf jelaskan lima kriteria penting bagi pelaku ekraf

Elshinta.com, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membeberkan lima kr...
Bantu potensi UMKM naik level, Kredit Pintar gelar Kelas Pintar Bersama di Kota Semarang
Rabu, 12 Juli 2023 - 15:45 WIB

Bantu potensi UMKM naik level, Kredit Pintar gelar Kelas Pintar Bersama di Kota Semarang

Elshinta.com, Aktif menginisiasi program literasi keuangan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Me...
Influencer Jessica kembangkan bisnis Mjestex Tekstil, dari antar barang sendiri sampai punya toko
Selasa, 11 Juli 2023 - 20:39 WIB

Influencer Jessica kembangkan bisnis Mjestex Tekstil, dari antar barang sendiri sampai punya toko

Elshinta.com, Bagi Jessica bisnis tidak harus bermodal  tinggi. Lewat konten bisnisnya, ia menginsp...
Pemkot Magelang berikan pelatihan pengolahan kopi pelaku IKM
Selasa, 11 Juli 2023 - 19:33 WIB

Pemkot Magelang berikan pelatihan pengolahan kopi pelaku IKM

Elshinta.com, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Jawa Tengah, memberik...
Laporan Kaspersky ungkap UMKM masih jadi incaran penjahat siber
Jumat, 30 Juni 2023 - 10:43 WIB

Laporan Kaspersky ungkap UMKM masih jadi incaran penjahat siber

Elshinta.com, Laporan Kaspersky terbaru mengungkap realitas bahwa penjahat siber terus menargetkan u...
Perajin sepatu kulit beralih ke sepatu ecoprint
Selasa, 06 Juni 2023 - 21:44 WIB

Perajin sepatu kulit beralih ke sepatu ecoprint

Elshinta.com, Berkat sepatu ecoprint buatan Madooci membawa Sri Wagiati perajin sepatu kulit meraup ...

InfodariAnda (IdA)