Jojo tumpuan di saat inkonsistensi tunggal putra untuk Piala Thomas

Elshinta
Kamis, 05 Mei 2022 - 06:01 WIB | Editor : Widodo | Sumber : Antara
Jojo tumpuan di saat inkonsistensi tunggal putra untuk Piala Thomas
Dokumentasi - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat tampil dalam babak 16 besar Kejuaraan Asia 2022 di Manila, Filipina, Kamis (27/4/2022). ANTARA/dokumentasi PP PBSI

Elshinta.com - Indonesia bakal berjuang untuk mempertahankan gelar juara pada Piala Thomas 2022 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, 8-15 Mei.

Untuk itu, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyiapkan para pemain terbaik, meskipun konsentrasi harus terpecah karena juga harus menyiapkan para pemain ke ajang SEA Games Vietnam yang penyelenggaraannya nyaris bersamaan dengan perebutan Piala Thomas dan Uber.

Dalam kondisi tersebut, PBSI telah merilis daftar nama pemain yang memperkuat Merah Putih pada perebutan supremasi kejuaraan bulu tangkis beregu putra di dunia tersebut.

Susunan pemain tak banyak mengalami perubahan dari tim Thomas Cup 2020 yang bergulir tahun lalu di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Dari 12 nama yang terdaftar, mayoritas adalah pemain yang tahun lalu membawa Indonesia menjadi juara Piala Thomas untuk kali ke-14.

Hanya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang tahun ini absen karena difokuskan ke SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei.

Sementara Marcus Fernaldi Gideon absen karena masih dalam tahap pemulihan usai operasi pada kakinya.

Sebagai pengganti, PP PBSI menurunkan pemain muda Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Syabda Perkasa Belawa. Selain itu ada juga nama Tegar Sulistio yang diharapkan dapat menimba pengalaman.

Jonatan jadi tumpuan
Pada sektor tunggal putra, Indonesia mengandalkan lima pemain yakni Anthony Sinisuka Ginting (peringkat 5 dunia), Jonatan Christie (8), Shesar Hiren Rhustavito (24), Tegar Sulistio (496), dan Syabda Perkasa Belawa (626).

Dari deretan nama tersebut, Jonatan Christie bakal menjadi tumpuan merujuk pada konsistensi permainan sepanjang musim 2022.

Jojo, sapaan akrab Jonatan Chritie musim ini telah lima kali turun dalam rangkaian turnamen. Dari jumlah tersebut, dia tiga kali melaju ke final dan satu di antaranya berakhir dengan gelar juara pada Super 300 Yonex Swiss Open (22-27 Maret) setelah di final mengalahkan wakil India Prannoy Haseena Sunil Kumar dengan skor 21-12, 21-18.

Kemudian, pebulu tangkis kelahiran Jakarta, 15 September 1997 itu menjadi runner-up masing-masing pada Super 500 Korea Open (5-10 April) kalah dari Weng Hong Yang asal China dengan skor 21-12, 19-21, 15-21 dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (26 April-1 Mei) kalah dari wakil Malaysia, Lee Zii Jia, 17-21, 21-23.

Sepanjang musim ini, Jojo mengantongi rekor 16 menang dan empat kali kalah. Pencapaian tersebut menempatkan Jonatan di urutan kedua dalam peringkat BWF World Tour 2022 dengan mengantongi 24.150 poin atau berada di bawah Lakshya Sen asal India dengan 28.950 poin.

Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting sepanjang tahun ini mengantongi rekor delapan menang dan lima kali kalah. Dari lima turnamen yang diikuti, pencapaian tertinggi Anthony mencapai semifinal pada Super 300 Swiss Open.

Pada ajang terakhir di Kejuaraan Asia, dia tersingkir perempat final kalah dari Weng Hong Yang asal China dengan skor 13-21, 21-16, 11-21.

Shesar juga tampil tak konsisten. Dari delapan laga yang dilakoni, dia hanya meraih tiga kemenangan. Pencapaian terbaik Shesar dalam lima turnamen musim ini adalah menjejak perempat final pada Korea Open.

Dari statistik di atas, Jojo yang memiliki bekal lebih baik di antara pemain tunggal putra lainnya diharapkan mampu mendulang poin untuk Indonesia pada setiap laga yang dilakoni. Semoga pemain tunggal putra lainnya juga lebih termotivasi.

Ganda tetap solid
Pada sektor ganda, kehilangan Marcus Fernadi Gideon tampaknya tak terlalu berpengaruh karena Indonesia memiliki stok pemain pelapis yang tak kalah tangguh.

Skuad Merah Putih memiliki pasangan muda yang musim ini tampil cukup spektakuler yakni Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Fikri/Bagas membuat kejutan dengan menjadi juara pada Super 1000 All England Open (16-20 Maret) setelah di final mengalahkan sang senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan skor 21-19, 21-13.

Sementara Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan baru saja menjuarai Kejuaraan Asia setelah mengalahkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 23-21, 21-10.

Selain dua pasangan muda, Indonesia juga memiliki Hendra/Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Dengan komposisi sektor ganda yang solid, pelatih tinggal menyusun strategi saat memilih para pemain yang diturunkan pada setiap laga di Piala Thomas 2022.

Peta persaingan
Secara umum, peta persaingan pada Piala Thomas 2022 tidak jauh berbeda dengan edisi sebelumnya. Hanya saja, skuad Merah Putih harus mewaspadai kehadiran pemain-pemain baru dari tim lawan.

Komposisi pemain Indonesia di atas kertas lebih solid, namun tetap saja bukan jaminan. Skuad Merah Putih harus tetap fokus dan tak boleh memandang sebelah mata lawan.

Indonesia bakal mengarungi Thomas Cup 2022 tergabung di Grup A bersama Korea Selatan, Thailand, dan Singapura.

Korea Selatan memiliki deretan pemain yang menjadi andalan. Misalnya, tunggal putra Jeon Hyeok Jin memenangi Super 300 Korea Masters (12-17 April) dan ganda putra baru Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae yang memenangi Korea Open 2022.

Sementara Thailand juga patut diwaspadai. Dengan status tuan rumah, skuad Negeri Gajah Putih diprediksi tampil dengan motivasi tinggi, meski deretan bintang mereka pada sektor ganda tidak diturunkan seperti Dechapol Puavaranukroh, Supak Jomkoh, dan Kedren Kittinupong.

Untuk tunggal putra, Thailand bakal mengandalkan pebulu tangkis muda yang memiliki peringkat 18 dunia, Kunlavut Vitidsarn, dan Kantaphon Wangcharoen yang berada di urutan 21 dunia.

Kemudian Singapura akan mengandalkan pebulu tangkis tunggal putra peringkat 10 dunia Loh Kean Yew. Untuk ganda, Negeri Singa tidak begitu spesial karena pemain terbaik mereka yakni Terry Hee/Loh Kean Hean berada di peringkat 60 dunia.

Melihat peta kekuatan di Grup A, Indonesia diprediksi bisa melewati fase penyisihan. Bahkan, punya potensi besar untuk bisa mempertahankan gelar juara sekaligus mempertegas dominasi di Piala Thomas dengan gelar ke-15.

Semoga momentum kebangkitan pada 2021 di Piala Thomas 2020 dapat berlanjut pada tahun ini. Kemenangan atas China dengan skor 3-0 pada final tahun lalu mengembalikan kejayaan Indonesia setelah paceklik selama dua dekade.

Hanya saja kala itu bendera Merah Putih tidak berkibar di Denmark karena sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Tentunya, tahun ini besar harapan Merah Putih berkibar di Negeri Gajah Putih.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Marwan/Jessica pastikan tiket 16 besar Indonesia Masters 2023
Rabu, 06 September 2023 - 18:39 WIB

Marwan/Jessica pastikan tiket 16 besar Indonesia Masters 2023

Elshinta.com, Ganda campuran Indonesia Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani lolos ke babak 16 besar...
Putri alami perkembangan positif saat hadapi Akane Yamaguchi
Rabu, 06 September 2023 - 17:28 WIB

Putri alami perkembangan positif saat hadapi Akane Yamaguchi

Elshinta.com, Pebulu tangkis nasional Putri Kusuma Wardani menuturkan pola permainannya mengalami pe...
Tunggal putri dan ganda campuran fokus pemulihan kondisi di China
Senin, 04 September 2023 - 09:15 WIB

Tunggal putri dan ganda campuran fokus pemulihan kondisi di China

Elshinta.com, Sektor tunggal putri dan ganda campuran timnas bulu tangkis Indonesia fokus memulihkan...
Berry/Rian rebut gelar ganda putra Xpora Indonesia International
Minggu, 03 September 2023 - 21:15 WIB

Berry/Rian rebut gelar ganda putra Xpora Indonesia International

Elshinta.com, Pasangan ganda putra Indonesia Berry Angriawan/Rian Agung Saputro melengkapi catatan p...
Marwan/Jessica runner-up Xpora Indonesia International Challenge
Minggu, 03 September 2023 - 20:39 WIB

Marwan/Jessica runner-up Xpora Indonesia International Challenge

Elshinta.com, Pasangan ganda campuran Indonesia Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardi membawa pulang g...
PBSI geser posisi Herry IP menjadi pelatih ganda campuran
Jumat, 01 September 2023 - 14:55 WIB

PBSI geser posisi Herry IP menjadi pelatih ganda campuran

Elshinta.com, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menggeser posisi Herr...
BWF izinkan Rusia dan Belarus berkompetisi pada Februari 2024
Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:11 WIB

BWF izinkan Rusia dan Belarus berkompetisi pada Februari 2024

Elshinta.com, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengizinkan para pebulu tangkis dari Rusia dan Belar...
Apri/Fadia siap hadapi unggulan pertama di final Kejuaraan Dunia
Minggu, 27 Agustus 2023 - 11:24 WIB

Apri/Fadia siap hadapi unggulan pertama di final Kejuaraan Dunia

Elshinta.com, Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti siap menghadapi ungg...
Apri/Fadia satu-satunya wakil Indonesia di semifinal Kejuaraan Dunia
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:57 WIB

Apri/Fadia satu-satunya wakil Indonesia di semifinal Kejuaraan Dunia

Elshinta.com, Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi sat...
Gregoria siap hadapi unggulan dua di perempat final Kejuaraan Dunia
Jumat, 25 Agustus 2023 - 09:53 WIB

Gregoria siap hadapi unggulan dua di perempat final Kejuaraan Dunia

Elshinta.com, Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung siap menghadapi unggul...

InfodariAnda (IdA)