1001 Alasan Bangga Indonesia
Alasan Bangga #39
Pagelaran Wayang Kulit Yogyakarta di Universitas Yale, Amerika Serikat
Elshinta
Kamis, 22 November 2018 - 08:30 WIB | Penulis : Administrator
Pagelaran Wayang Kulit Yogyakarta di Universitas Yale, Amerika Serikat
Foto by VOA

Elshinta.com -- Sebagai warisan budaya Indonesia, seni pertunjukan wayang kulit selalu membuat kagum para penonton mancanegara. Digelar di sebuah universitas ternama di Amerika, pertunjukkan warisan budaya Indonesia ini tidak hanya mendapat sambutan meriah namun membuat para penonton lebih mengenal keragaman budaya Indonesia.

Pada awal bulan ini untuk pertama kalinya, pertunjukan wayang kulit dan musik gamelan dari Keraton Yogyakarta digelar di kampus Universitas Yale, New Haven negara bagian Connecticut, Amerika. Pertunjukan yang digelar di Pusat Galeri Seni Universitas Yale ini dipenuhi oleh sekitar 500 penonton terdiri dari mahasiswa, pengajar, pengamat seni dan masyarakat yang sebagian besar belum pernah menonton pertunjukkan wayang. Mewakili Keraton Yogyakarta, hadir tujuh seniman gamelan yang memainkan kenong, peking, kempul gong, hingga dua pesinden.

Pagelaran ini menampilkan cerita Arjuna Wiwaha dengan dalang Ki Suharno lulusan dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Misi kebudayaan dan pagelaran wayang ini dipimpin langsung oleh Bapak Sri Sultan Hamengkubuwono X yang memberikan kata pengantar dan penjelasan dibalik cerita Arjuna Wiwaha.

Menurut Sri Sultan HB X acara di Yale University Art Gallery ini sesuai dengan target penontonnya yang sebagian besar memahami seni tradisional Indonesia.

“Mereka mengerti tentang wayang kulit, semoga saja pengembangan budaya dari Indonesia ini siap diapresiasi oleh warga Amerika” ujar Sri Sultan HB X kepada VOA.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 

InfodariAnda (IdA)